Jumat, 19 Agustus 2011

Baitul Mal Banda Aceh Biayai Pendidikan 10 anak Fakir Miskin


Siti Karimah, salah satu anak asuh sedang didata oleh Niyyatinur, S.HI (Kasubbag Pengembangan Informasi dan Teknologi, Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh).
 
Sebanyak 10 anak dari keluarga fakir miskin dibiayai oleh Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh sampai selesai menempuh pendidikan di Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air Aceh Besar. Kepala Baitul Mal Banda Aceh, H Salahuddin Hasan mengatakan, semua biaya pendidikan selama tiga tahun ditanggung sepenuhnya oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh dari sumber dana zakat, infaq, dan shadaqah yang dihimpun selama ini. “Kesepuluh anak-anak tersebut dinyatakan lulus setelah menjalani sejumlah seleksi di Madrasah Ulumul Qur’an beberapa waktu lalu,” ujar Salahuddin.
 
Anak-anak dari keluarga miskin tersebut, yakni
1.  M Fikri Haikal bin Muhammad Tahir asal Gampong Peulanggahan Kuta Raja.
2.  Chairul Irisad bin Usman Saroji warga Gampong Lampulo Kuta Alam.
3.  Hamdan bin Ismail A Jalil berasal dari gampong Kopelma Darussalam Syiah Kuala.
4.  M Zahidi berasal dari Lambhuk Ulee Kareng
5.  Afdhalul Akbar bin Tarmizi dari Gampong Suka damai Lueng Bata
6.  Putra Nazarullah bin Bahktiar dari Blang Oi Meuraksa.
7.  Syifa Salsabila dari gampong Lamteumen Timar Jaya Baru
8.  Muhammad Imam Syahputra dari Peuniti Baiturrahman
9.  Siti Karimah Cinti Khairuddin asal Gampong Peunyerat Baiturrahman
10.Habibul Akhi bin Tarmizi dari Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam.
 
Program penyekolahan gratis dilakukan Baitul Mal Banda Aceh bertujuan untuk menggalakkan hafalan Alquran di kalangan remaja di Banda Aceh. “Kita berharap, nantinya lahir pemuda yang memahami dan mendalami isi Alquran sebagai penyubur iman jika kelak menjadi seorang pemimpin,” kata Salahuddin. 

Sementara itu siti Karimah anak asuh yang berasal dari Gampong peunyeurat kecamatan Banda Raya melalui Kepala Sub Bagian Pengembangan Informasi dan Teknologi Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh Niyyatinur, S.HI mengatakan bahwa dia memiliki keinginan yang besar untuk memperbanyak dan melanjutkan hafalan Al Quran yang biasanya dilakukan di balai Pengajian gampong.

Semoga Sukses, wahai Calon Pemimpin Ummat!

Link terkait: Harian Aceh
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar